Sunday, March 20, 2011

balegula

beberapa minggu ini cukup banyak cerita yang belum gue ceritain.
karena bingung saking banyaknya, kita mulai dari yang kecil dulu

masalah kue',
kue disini bermacam-macam, ada yang mirip dengan kue-kue di jawa, ada juga yang ndak. ada yang mirip tapi namanya beda, ada juga yang namanya sama, tapi tetep terdengar beda karena diucapkannya pake logat dan bahasa timor.. hahaha. tapi, ada satu kue yang gue suka, namanya kue balegula, kue yang mirip sama kue bantal di jakarta atau kue odading kalo di jawa barat. biasanya kue ini gue makan pagi-pagi kalo ga sempet sarapan, dan biasanya gue minta tolong beliin Om Natan buat beliin di toko sebelah. lumayan buat ganjel sambil minum teh anget.

kue-kue lainnya sebenernya banyak banget, ada sejenis roti yang bentuknya mirip usus ayam, ada roti goreng isi daging/abon, kue cucur, kue pisang, dll. tapi favorit gue tetep si balegula itu. oiya, disini gue belum pernah liat orang jualan cakwe, mungkin bisa jadi opsi juga nih buat mulai usaha..

menurut pengamatan gue, di kupang memang belum terlalu banyak makanan khasnya, tapi ada satu yang gue suka, yaitu daging se'i. daging se'i ini sebenernya adalah daging yang dibumbui dengan asap alias daging asap. sebenernya dagingnya bisa berbagai macam daging merah (sapi, kerbau, kuda, sapi pendek) tapi yang membedakan dengan daging asap biasa adalah ada ramuan dedaunan/herbs yang bikin aroma dan rasanya khas.

khusus temen-temen yang muslim, buat makan se'i ini harus hati-hati buat milihnya, harus dipilih yang dari daging sapi, dan yang dimasaknya tidak campur dengan daging-daging yang tidak halal. dan keterbatasan kita juga di sini, kadang kita ga bisa jamin halal/tidaknya daging walaupun itu daging sapi, karena proses penyembelihannya belum tentu dilakukan sesuai dengan prosedur islam. jadi gue biasanya menghindari daging-dagingan, paling telur/ikan aja.. (pas nyobain se'i pertama gue lupa.. jadi harap maklum ya')

biar ga capek bacanya, cerita lainnya gue tulis di post yang lain ya'
stay tune..

1 comment:

diBond said...

kue APE sama kue CUBIT ada gak?
makan makanan laut juga harus hati2 mas econ. eg. kepiting. dua alam dan hewan buas.