Friday, April 29, 2011

Musuh Baru Si Jago Merah

Semakin sering terjadinya kebakaran telah mengilhami Whitesides Research Group yang berasal dari Harvard University untuk menemukan metode alternatif dalam melawan kebakaran, tidak lagi dengan air, pasir, atau bahan kimia, tetapi dengan menggunakan medan listrik. Dalam percobaannya, mereka menggunakan sebuah amplifier yang berkekuatan 600 Watt (setara dengan sistem audio mobil kelas atas) ke sebuah rangkaian untuk menghasilkan medan listrik, yang mereka sebut sebagai Wand-System karena bentuknya yang menyerupai tongkat sihir. Sistem ini menghasilkan medan listrik yang berkekuatan jutaan volt per meter, hampir setara dengan medan listrik yang dibutuhkan untuk menghasilkan loncatan bunga api di udara kering. Dengan menggunakan Wand-System ini, semburan api setinggi 50 cm berhasil dipadamkan hampir seketika.

Bagaimana Wand-System ini bekerja?

Api merupakan reaksi oksidasi berantai yang terjadi antara oksigen dan uap bahan bakar yang dipicu oleh tingkat suhu tertentu atau percikan bunga api pemicu. Pada nyala api terkandung elektron, ion, dan jelaga yang kesemuanya mampu dipengaruhi oleh medan listrik. Berdasarkan prinsip itulah, Wand-System bekerja dengan menjauhkan nyala api dari bahan bakar sehingga reaksi oksidasi berantai dapat diputus dan api dapat dipadamkan.

Saat ini peneliti sedang berusaha untuk meningkatkan kekuatan pemadaman melalui uji coba berbagai bentuk elektroda, maupun mengubah besaran arus listrik, frekuensi, dan voltase terkait agar Wand-System dapat memadamkan api dalam jangkauan yang lebih luas dan menjauhkan api dalam jarak yang lebih jauh.

Mengapa Wand-System ini menjadi pilihan yang menjanjikan di masa depan?

Jika dibandingkan dengan media pemadam lainnya, medan listrik dinilai lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan polutan atau pencemaran air. Menurut Ludovico Cademartiri, Ahli Kimia yang juga anggota post-doctoral di Harvard, Kekuatan Medan listrik yang digunakan oleh Wand-System ini tidak berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan untuk manusia yang sehat. Cademartiri juga mengatakan bahwa Wand-System akan dikembangkan agar semakin ramah, dengan menggunakan kekuatan watt yang semakin kecil, namun dengan kemampuan yang sama baiknya, dan akan membuatnya semakin portabel di masa yang akan datang.

Namun sistem ini masih belum mampu mengatasi kebakaran berskala besar seperti kebakaran hutan. Untuk menghadapi kebakaran dalam skala besar dibutuhkan juga medan listrik yang berkekuatan besar yang mencakup daerah yang luas, dan mewujudkan hal tersebut adalah tantangan yang harus dihadapi, menurut Cademartiri menjelaskan.

Untuk mengatasi kebakaran dalam skala kecil, Aplikasi Wand-System dapat digunakan untuk menggantikan water sprinkler yang terdapat di hampir setiap ruangan kantor. Dengan sistem ini, sprinkler tidak lagi mengeluarkan air ketika terjadi kebakaran, namun cukup mengeluarkan medan listrik untuk memadamkan api, tanpa membasahi dokumen-dokumen, dan tanpa merusak peralatan elektronik.

Dengan ditemukannya cara baru untuk mempengaruhi dan mengendalikan api oleh Cademartiri, akan membuka berjuta peluang baru dalam perkembangan teknologi peradaban umat manusia, dan kini Si Jago Merah pun memiliki musuh baru.

Penemuan Tongkat Pemadam Kebakaran dipresentasikan di pertemuan American Chemical Society di Anaheim, California.

Disadur dari:

“Electric Wand Makes Fire Disappear” - Charles Choi

National Geographic News - 29 Maret 2011

Artikel ini tadinya dibuat untuk ikut melamar jadi kontributor lepasnya National Geographic, tapi karena panggilan tugas ke daerah Nggongi kemarin, jadi lewat deadlinenya, padahal berharap banget bisa gabung. tapi tidak apa-apa, mungkin bisa jadi pengetahuan buat temen-temen blogger..

keep writing...

No comments: